05 Juni 2017

Contoh Rencana Kegiatan Harian

UNTUK PAUD KU AJA

RENCANA KEGIATAN HARIAN

SENTRA SENI

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang

Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Binatang buas

         

          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang binatang buas ciptaan  Tuhan.

                                   Kegiatan jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”

                                   Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”

07.30 – 09.20         Kegiatan Inti

* Pijakan lingkungan

  • Membuat kebun binatang (proyek )                  4 anak.
  • Membuat topeng kepala binatang buas            2 anak
  • Menjahit bentuk buaya                                         3 anak
  • Thumbprint (jejak kaki binatang)                      2 anak
  • Melukis gambar binatang dengan lilin              3 anak
  • Mencocok kepala binatang buas                         3 anak
  • Meronce rantai warna                                           2 anak
  • Bermain playdough                                               2 anak
  • Menggambar di meja                                            4 anak                                               

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita tentang : Kebun Binatang
  • Kosakata : cakar, taring, mangsa.
  • Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
  • Mendiskusikan aturan main :

–      Tidak merebut mainan teman

–      Meminta ijin jika akan bergabung dengan teman

–      Mengembalikan mainan ke tempat semula setelah bermain

  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat bermain terlebih dahulu.

* Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari pekerjaan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

* Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
  • Mengulas kembali kegiatan main
  • Berbagi cerita
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang

                                   Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                        Guru Sentra

(…………………….)                                                     (……………………………..)

Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA

RENCANA KEGIATAN HARIAN

SENTRA BAHAN ALAM

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang

Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Binatang buas

         

          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang ular sebagai binatang buas yang membujuk manusai pertama.

                                  Kegiatan jasmani  : bermain “Ular Naga”

                                  Lagu : Ular naga panjangnya bukan kepalang.

                                  Menjalar-jalar selalu kian kemari

                                  Umpan yang lezat itulah yang dicari

                                  Ini dianya yang terbelakang

07.30 – 09.20         Kegiatan Inti

* Pijakan lingkungan

  • Membuat hutan/gurun dgn  pasir putih              4 anak.
  • Kolase sisik ular dari rautan pensil                       4 anak
  • Melukis di papan easel                                             2 anak
  • Table block                                                                  2 anak
  • Aneka ular dari playdough                                       4 anak
  • Membuat kandang ular dgn bata, pasir, air         4 anak
  • Menggunting gambar ular                                       4 anak         
  • Melukis di meja                                                          4 anak         
  • Ular-ular dan air                                                        2 anak                            

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita dari buku “Ular Makan Tikus”
  • Kosakata : sisik, bisa, merayap
  • Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
  • Mendiskusikan aturan main

~   Memakai celemek saat bermain air

~   Minta ijin saat akan pindah main

~   Membereskan mainan setelah selesai bermain

  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menjawab pertanyaan guru seputar cerita, boleh bermain terlebih dahulu.

* Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari kegiatan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

* Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula dan  menggantungkan kembali celemek yang dipakai.
  • Mengulas kembali kegiatan main
  • Berbagi cerita
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang

                                   Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                        Guru Sentra

(…………………..)                                                                (……………………………..)

Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA

RENCANA KEGIATAN HARIAN

SENTRA BERMAIN DRAMA

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang Buas

Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Kebun binatang

          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang binatang buas ciptaan  Tuhan yang perlu makanan dan minuman agar tetap hidup.

                                  Kegiatan jasmani : bermain “berjalan-jalan di hutan”,  sambil bergerak menirukan gerakan binatang.

                                  Lagu :  Kita berjalan-jalan di dalam hutan

                                  Dan melihat seekor binatang jalan.

                                  Binatang apakah itu -2x

                                  Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan

                                  Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)

07.30 – 09.20         Kegiatan inti

* Pijakan lingkungan

  • Setting : keluarga dan kebun binatang (loket, binatang-binatang dalam kandang, cafeteria)
  • Peran :

~  Ibu                                 : 1 anak

~  Ayah                              : 1 anak

~  Anak                              : 2 anak

~  Penjaga cafeteria        : 1 anak

~  Penjual tiket                : 1 anak

~  Harimau                       : 2 anak

~  Beruang                        : 2 anak

~  Singa                             : 1 anak

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita tentang : Penjaga Hutan (Zoo Keeper)r
  • Kosakata : pawang, kandang, karnivora
  • Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain / alur cerita  dari peran yang ada.
  • Mendiskusikan aturan main

~   Bermain sesuai peran

~   Berbagi alat main dengan teman

~   Membereskan mainan setelah selesai bermain

  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang berperan sebagai …..boleh menyiapkan alat main terlebih dahulu.

* Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

 * Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
  • Mengulas kembali kegiatan main
  • Berbagi cerita
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang

                                   Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                 Guru Sentra

(…………………..)                                                         (……………………………..)

Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA

RENCANA KEGIATAN HARIAN

SENTRA PERSIAPAN

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang

Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Binatang Buas

          WAKTU                                    KEGIATAN

07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa  memberi nama kepada binatang-binatang buas..

                             Kegiatan jasmani  : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang disebutkan guru.

                             Lagu : I look lion, look lion, look lion

                             I look tiger, look tiger, look tiger

                             I look snake, snake, snake,snake

                             I look bear, bear, bear, bear

                             I look, I look, I look animals

07.30 – 09.20         Kegiatan Inti

 * Pijakan lingkungan

  • Memasangkan gambar binatang  dan makanannya               2 anak
  • Meronce manik-manik binatang                                                 2 anak
  • Mengelompokkan  binatang buas & bukan                               2 anak
  • Menggambar                                                                                   4 anak
  • Menjepit tulisan nama binatang                                                 2 anak
  • Menghitung binatang buas                                                          2 anak
  • Puzzle binatang                                                                              4 anak  
  • Memasangkan gambar binatang buas dengan tulisannya    2 anak   
  • Menulis  huruf pertama nama binatang dengan menjiplak di atas kain.  2 anak                            

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita tentang : tamasya ke kebun binatang
  • Kosakata :  mengaum, mendesis, menggonggong.
  • Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
  • Mendiskusikan aturan main

~   Minta ijin jika akan pindah main

~   Bermain sampai selesai

~   Membereskan mainan setelah selesai bermain

  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.

* Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

* Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
  • Mengulas kembali kegiatan main
  • Berbagi cerita
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang

                                   Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                 Guru Sentra

(…………………..)                                                          (……………………………..)

Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA

RENCANA KEGIATAN HARIAN

SENTRA BALOK

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia        : 4 -5 tahun            Tema            : Binatang

Jumlah Anak           : 10 anak               Sub Tema     : Binatang Buas

          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang binatang buas perlu tempat tinggal.

                                  Kegiatan jasmani : bermain “berjalan-jalan di hutan” sambil   bergerak menirukan gerakan binatang.

                                  Lagu : Kita berjalan-jalan di dalam hutan

                                  Dan melihat seekor binatang jalan.

                                  Binatang apakah itu -2x

                                  Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan

                                  Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)

07.30 – 09.20         Kegiatan inti

* Pijakan lingkungan

  • Bangunan yang ditawarkan : kebun binatang, hutan, kandang hewan buas, klinik binatang.
  • Kelompok main :

~  Kelompok I   ®         2 anak (kebun binatang)

~  Kelompok II  ®         2 anak (kandang harimau)      

~  Kelompok III ®         3 anak (kandang ular)

~  Kelompok IV ®         3 anak (klinik hewan)

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita tentang : binatang buas
  • Kosakata : hutan, kandang, klinik hewan.
  • Gagasan menggunakan bahan : memberi gagasan tentang bangunan yang akan dibuat.
  • Mendiskusikan pembagian kelompok.
  • Aturan main :

~   Membangun di atas alas

~   Membangun jauh dari rak balok

~   Mengucapkan permisi jika melewati bangunan teman

  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : kelompok yang terdiri dari ….. anak yang akan membangun …. boleh bermain terlebih dahulu.

 * Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif.

* Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan balok dan asesoris ke tempat semula
  • Mengulas kembali kegiatan main dan berbagi cerita.
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang

                                   Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Guru Sentra

(…………………..)                                                                (……………………………..)