Contoh Rencana Kegiatan Harian
UNTUK PAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI
Hari/tanggal : …………., ……… 200…
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang binatang buas ciptaan Tuhan.
Kegiatan jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
- Membuat kebun binatang (proyek ) 4 anak.
- Membuat topeng kepala binatang buas 2 anak
- Menjahit bentuk buaya 3 anak
- Thumbprint (jejak kaki binatang) 2 anak
- Melukis gambar binatang dengan lilin 3 anak
- Mencocok kepala binatang buas 3 anak
- Meronce rantai warna 2 anak
- Bermain playdough 2 anak
- Menggambar di meja 4 anak
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita tentang : Kebun Binatang
- Kosakata : cakar, taring, mangsa.
- Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
- Mendiskusikan aturan main :
– Tidak merebut mainan teman
– Meminta ijin jika akan bergabung dengan teman
– Mengembalikan mainan ke tempat semula setelah bermain
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
- Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari pekerjaan anak.
- Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
- Mengulas kembali kegiatan main
- Berbagi cerita
- Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sentra
(…………………….) (……………………………..)
Contoh Rencana Kegiatan Harian
UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BAHAN ALAM
Hari/tanggal : …………., ……… 200…
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang ular sebagai binatang buas yang membujuk manusai pertama.
Kegiatan jasmani : bermain “Ular Naga”
Lagu : Ular naga panjangnya bukan kepalang.
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang
07.30 – 09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
- Membuat hutan/gurun dgn pasir putih 4 anak.
- Kolase sisik ular dari rautan pensil 4 anak
- Melukis di papan easel 2 anak
- Table block 2 anak
- Aneka ular dari playdough 4 anak
- Membuat kandang ular dgn bata, pasir, air 4 anak
- Menggunting gambar ular 4 anak
- Melukis di meja 4 anak
- Ular-ular dan air 2 anak
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita dari buku “Ular Makan Tikus”
- Kosakata : sisik, bisa, merayap
- Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
- Mendiskusikan aturan main
~ Memakai celemek saat bermain air
~ Minta ijin saat akan pindah main
~ Membereskan mainan setelah selesai bermain
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menjawab pertanyaan guru seputar cerita, boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
- Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari kegiatan anak.
- Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula dan menggantungkan kembali celemek yang dipakai.
- Mengulas kembali kegiatan main
- Berbagi cerita
- Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sentra
(…………………..) (……………………………..)
Contoh Rencana Kegiatan Harian
UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BERMAIN DRAMA
Hari/tanggal : …………., ……… 200…
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang Buas
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Kebun binatang
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang binatang buas ciptaan Tuhan yang perlu makanan dan minuman agar tetap hidup.
Kegiatan jasmani : bermain “berjalan-jalan di hutan”, sambil bergerak menirukan gerakan binatang.
Lagu : Kita berjalan-jalan di dalam hutan
Dan melihat seekor binatang jalan.
Binatang apakah itu -2x
Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)
07.30 – 09.20 Kegiatan inti
* Pijakan lingkungan
- Setting : keluarga dan kebun binatang (loket, binatang-binatang dalam kandang, cafeteria)
- Peran :
~ Ibu : 1 anak
~ Ayah : 1 anak
~ Anak : 2 anak
~ Penjaga cafeteria : 1 anak
~ Penjual tiket : 1 anak
~ Harimau : 2 anak
~ Beruang : 2 anak
~ Singa : 1 anak
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita tentang : Penjaga Hutan (Zoo Keeper)r
- Kosakata : pawang, kandang, karnivora
- Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain / alur cerita dari peran yang ada.
- Mendiskusikan aturan main
~ Bermain sesuai peran
~ Berbagi alat main dengan teman
~ Membereskan mainan setelah selesai bermain
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang berperan sebagai …..boleh menyiapkan alat main terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
- Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
- Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
- Mengulas kembali kegiatan main
- Berbagi cerita
- Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sentra
(…………………..) (……………………………..)
Contoh Rencana Kegiatan Harian
UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN
Hari/tanggal : …………., ……… 200…
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang Buas
WAKTU KEGIATAN
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa memberi nama kepada binatang-binatang buas..
Kegiatan jasmani : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang disebutkan guru.
Lagu : I look lion, look lion, look lion
I look tiger, look tiger, look tiger
I look snake, snake, snake,snake
I look bear, bear, bear, bear
I look, I look, I look animals
07.30 – 09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
- Memasangkan gambar binatang dan makanannya 2 anak
- Meronce manik-manik binatang 2 anak
- Mengelompokkan binatang buas & bukan 2 anak
- Menggambar 4 anak
- Menjepit tulisan nama binatang 2 anak
- Menghitung binatang buas 2 anak
- Puzzle binatang 4 anak
- Memasangkan gambar binatang buas dengan tulisannya 2 anak
- Menulis huruf pertama nama binatang dengan menjiplak di atas kain. 2 anak
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita tentang : tamasya ke kebun binatang
- Kosakata : mengaum, mendesis, menggonggong.
- Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
- Mendiskusikan aturan main
~ Minta ijin jika akan pindah main
~ Bermain sampai selesai
~ Membereskan mainan setelah selesai bermain
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
- Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
- Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
- Mengulas kembali kegiatan main
- Berbagi cerita
- Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sentra
(…………………..) (……………………………..)
Contoh Rencana Kegiatan Harian
UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BALOK
Hari/tanggal : …………., ……… 200…
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang Buas
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang binatang buas perlu tempat tinggal.
Kegiatan jasmani : bermain “berjalan-jalan di hutan” sambil bergerak menirukan gerakan binatang.
Lagu : Kita berjalan-jalan di dalam hutan
Dan melihat seekor binatang jalan.
Binatang apakah itu -2x
Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)
07.30 – 09.20 Kegiatan inti
* Pijakan lingkungan
- Bangunan yang ditawarkan : kebun binatang, hutan, kandang hewan buas, klinik binatang.
- Kelompok main :
~ Kelompok I ® 2 anak (kebun binatang)
~ Kelompok II ® 2 anak (kandang harimau)
~ Kelompok III ® 3 anak (kandang ular)
~ Kelompok IV ® 3 anak (klinik hewan)
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita tentang : binatang buas
- Kosakata : hutan, kandang, klinik hewan.
- Gagasan menggunakan bahan : memberi gagasan tentang bangunan yang akan dibuat.
- Mendiskusikan pembagian kelompok.
- Aturan main :
~ Membangun di atas alas
~ Membangun jauh dari rak balok
~ Mengucapkan permisi jika melewati bangunan teman
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : kelompok yang terdiri dari ….. anak yang akan membangun …. boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
- Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
- Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif.
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan balok dan asesoris ke tempat semula
- Mengulas kembali kegiatan main dan berbagi cerita.
- Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sentra
(…………………..) (……………………………..)